Agribisnis Kerakyatan

Agribisnis kerakyatan, Agribisnis merupakan sebuah konsep yang terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Agribisnis merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang menghasilkan sebuah manfaat dari kegiatan tersebut pada dunia pertanian, mencakup semua kegiatan dari pengadaan bahan baku, proses budidaya, proses pemasaran, tataniaga produk pertanian sampai ke tangan konsumen. Agribisnis apabila dipandang dari segi ekonomi maka seharusnya kegiatan tersebut harus mampu menghasilkan manfaat bagi pelakunya baik itu secara langsung maupun tidak langsung.
Indonesia merupakan salah satu negara agraria terbesar di dunia, oleh karena itu rakyatnya sebagai pelaku pertanian setidaknya harus mengetahui tentang konsep agribisnis supaya tidak ada kesalahan dalam melakukan sistem pertanian di Indonesia.  Pemerintah dan rakyat harus saling membangun suatu sistem yang baik untuk kegiatan agribisnis di Indonesia, hal ini akan mempermudahkan bisnsis di bidang pertanian. Pemerintah harus bisa memandang rakyat pelaku agribisnis sebagai rekanan untuk bekerja sama dan menggunakan sistem win win solution , supaya tidak ada pihak yang dirugikan.
Agribisnis kerakyatan merupakan sebuah konsep pertanian yang saling terintegrasi di masyarakat mulai dari sistem hulu sampai hilir dan bisa dinikmati oleh konsumen, hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pertama, kedua pihak harus saling diuntungkan supaya sistem tersebut bisa berjalan secara berkelanjutan, yang kedua harus ada transparasi dari semua pihak yang terkait supaya tidak ada hal-hal yang menjatuhkan satu sama lain, yang ketiga pemerintah selaku lembaga penyelenggara harus bisa memfasilitasi dan mengawasi jalannya sistem agribisnis yang ada di Indonesia , yang keempat pemerintah harus bisa mendahulukan produk-produk dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pertanian yang ada di Indonesia .  Agrisbisnis merupakan milik bersama dari sistem yang terkecil sampai yang terbesar, bukan hanya milik perusahan-perusahaan besar saja. Semua pihak bisa terlibat dalam agribisnis kerakyatan yang dapat menjadi solusi kelangkaan bahan pangan, naiknya harga produk pertanian dan kualitas yang menurun. Kesalahan dalam sistem agribisnis Indonesia adalah karena ada segelintir oknum yang ingin meraup keuntungan tinggi dengan menekan harga sekecil mungkin dan menjualnya setinggi mungkin, dan tidak jarang pula ada yang menimbun komoditas pertanian ketika harga murah dan akan menjualnya ketika harga mahal. Dalam hal ini bukan hanya peran pemerintah saja yang penting namun setiap anggota dari sistem tersebut ikut berperan aktif untuk mengawasi supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Penulis : MSG 3


Previous
Next Post »