Cara Memilih Bibit Kambing Untuk Indukan Yang Baik

Kambing merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia, karena perputaran modalnya yang cepat dan merupakan jenis ternak yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Tujun beternak kambing adalah menghasilkan daging dan susu, namun tak jarang kambing ada yang di ambil bulu dan kulitnya untuk kerajinan. Dalam mencapai hal tersebut perlu diperhatikan pengolaan ternaknya secara baik termasuk di dalamnya pemilihan calon indukannya. Dalam beternak kambing dilakukan pemeliharaan yang baik agar perkembangbiakannya juga baik dan menghasilkan hasilan yang baik dan keturunan yang baik. Kunci sukses perkembangbiakan dimulai dari pemilihan calon indukan kambing. Bibit merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan usaha pengembangbiakan kambing secara finansial. Calon indukan kambing yang baik memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat kita ketahui ,seperti.

Sumber google
Syarat Calon Induk Jantan
Sebelum mengawinkan kambing, kita sebagai peternak harus terlebih dahulu memilih calon indukan jantan yang baik. Dimulai dari postur tubuh, perkembangbiakannya, pola hidupnya dan sebagainya.
Dengan induk jantan yang baik maka akan menghasilkan anakan yang baik pula. Berikut Kriteria calon induk kambing jantan yang baik :

  1. Pertumbuhan kambing relatif cepat sehingga memiliki bobot yang ideal untuk dikawinkan
  2. Umur yang baik sekitar 2 – 5 tahun
  3. Tidak memiliki penyakit yang bisa menyebabkan ke keturunannya
  4. Gerakan kambing lincah atau tidak lemas
  5. Matanya segar tidak cacat
  6. Alat kelamin indukan jantan normal dan tidak berpenyakit
  7. Pilih Calon pejantan yang berasal dari dari kelahiran kembar dan berasal dari induk dengan jumlah anak lahir lebih dari dua ekor. Bila berasal dari kelahiran tunggal, pilih pejanntan yang berasal dari induk dengan jumlah anak hanya satu ekor.
  8.  Ukuran badan normal, besar, tubuh panjang, dada dalam dan lebar, kaki berdiri kokoh, terlihat tonjolan tulang yang besar pada kaki dan badan berdiri tegap.

Syarat Calon Induk Betina
Indukan betina juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan keturunan yang baik, karena apabila calon induk betina kurang baik maka keturunannya kurang baik juga, kedua indukan harus lah sama-sama baik. Berikut kriteria calon induk kambing betina yang baik :

  1. Kaki dari kambing betina harus kokoh dan memiliki tumit yang tinggi
  2. Umur sudah lebih dari satu tahun dan sudah mengalami birahi sebelum umur satu tahun
  3. Tidak memiliki di bagian tubuh alias kelengkapan bagian tubuh utuh.
  4. Mempunyai sifat induk betina yang baik seperti kejinakan ternak dan sorot mata yang normal
  5. Ukuran badan besar tetapi tidak terlalu gemuk.
  6. Mempunyai dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus.
  7. Memiliki bulu yang mengkilap dan bersih
  8. Jumlah gigi lengkap

Sumber Google

Itu adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh calon induk kambing, tetapi terkadang ada beberapa peternak yang sudah memiliki standarisasi masing-masing , hal ini tidak masalah asal beberapa kriteria di atas bisa terpenuhi. Dalam proses pengembangbiakan pencatatan pun perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengawinkan induk kambing.

Terima kasih


Previous
Next Post »