Isu Ketahanan Pangan


Sebuah isu yang sangat hangat untuk di perbincangkan,
Sebelum berbicara lebih jauh mengenai ketahanan pangan, mari kita cerna lebih dalam arti ketahanan pangan. Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahana pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan. (Sumber : wikipedia)
Ada banyak faktor yang mempengruhi ketahanan pangan termasuk di dalamnya adalah sektor pertanian yang cukup krusial.

Kita berbicara tentang pangan, kebutuhan yang notabenya sangat amat dibutuhkan manusi dan tidak bisa ditunda untuk pemenuhannya , kalaupun bisa ditunda hanya sementara setelah itu pasti akan membutuhkan lagi.
Produk pertanian yang membanjiri pasar Indonesia pun kebanyakan produk pertanian dengan pemakaian obat-obatan yang berlebihan dan berakibat pada manusia dan siklus tanah di Indonesia sendiri, karena dengan pemakaian obat-obatan yang berbahaya maka akan membuat tanah pertanian kita menjadi rusak dan untuk memperbaikinya butuh waktu yang cukup lama.
Ketahanan pangan merupakan sebuah permasalahan yang amat sangat serius, jika kita sebagai bangsa pertanian tidak dapat mengatasi masalah ketahanan pangan dengan segera maka akan di jajah kembali kita oleh asing. Penyelesaian masalah ketahanan pangan bermacam-macam bentuknya seperti :

1. TNI ikut terjun langsung membantu pertanian supaya produktivitas bisa tinggi
2. Program KKN mahasiswa difokuskan ke program ketahanan pangan 
3. Memulai program organik demi menjaga kualitas alam yang ada di Indonesia supaya bisa berkelanjutan
4. Kurangi penggunaan obat-obatan pertanian yang tidak perlu
5. Membuat program setiap rumah tangga memiliki kebun pertanian untuk menanam buah,sayur dll
6. Memfokuskan mahasiswa pertanian supaya tetap terjun di dunia kerja pertanian (jangan malah beda jalur pekerjaan dengan jurusan)

Mungkin itu sedikit gambaran tentang ketahanan pangan dan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kita bangsa Indonesia. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

#MSG3
Previous
Next Post »