Ciri-Ciri Kompos Matang

sumber google

Kompos adalah hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembap, dan aerobik atau anaerobik (Modifikasi dari J.H. Crawford, 2003). Sedangkan pengomposan adalah proses di mana bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Membuat kompos adalah mengatur dan mengontrol proses alami tersebut agar kompos dapat terbentuk lebih cepat. Proses ini meliputi membuat campuran bahan yang seimbang, pemberian air yang cukup, pengaturan aerasi, dan penambahan aktivator pengomposan. Sumber : Wikipedia.

Kompos memiliki peranan sangat penting untuk peningkatan kualitas tanah dan dapat mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia. Namun terkadang petani masih salah dalam penggunaan kompos karena kompos yang digunakan belum matang sempurna. Kompos yang belum matang sempurna dapat mengganggu pertumbuhan tanaman karena adanya perubahan bentuk unsur hara yang tidak sesuai untuk tanaman. Selain itu juga kompos yang belum matang dapat menghasilkan amonia, nitrit-nitrogen, besi dan mangan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahi ciri-ciri kompos yang sudah matang sempurna. Ciri kompos yang sudah matang akan dijelaskan sebagai berikut :


1. Warna Kompos
Kompos yang sudah memiliki kematangnan yang sempurna memiliki warna coklat kehitam-hitaman. Warna kompos yang seperti ini menyerupai tanah sudah bisa langsung digunakan untuk media tanam. Apabila kompos masih berwarna hijau maka menandakan kompos belum matang .

2.Bau
Kompos yang sudah matang memiliki bau yang khas yaitu bau seperti tanah, harum dan tidak beraroma tajam. Apabila kompos masih mengeluarkan bau yang tidak sedap maka bisa dikatakan kompos masih mengalami proses fermentasi. Kompos yang sudah matang akan berubah aroma dari bahan mentah awalnya.

sumber google

3.Mengalami Penyusutan
Kompos akan mengalami penyusutan apabila sudah matang sempurna, tingkat penyusutan kompos dari bahan mentahnya sekitar 20-40%. Penyusutan tersebut terjadi karena akan ada partikel-partikel yang dilepas oleh bakteri pada saat proses fermentasi. Apabila kompos belum mengalami penyusutan maka menandakan kompos belum matang.

4.Dilihat dari suhu kompos
Suhu dari kompos yang sudah matang ketika mendekati suhu normal. Apabila suhu masih tinggi atau di atas 50 derajat maka menandakan kompos tersebut masih mengalami proses fermentasi.

5.Kandungan air
Kompos yang baik adalah kompos yang tidak terlalu basah karena apabila masih terlalu basah akan susah melarutkan unsur hara yang ada di kompos agar bisa tersalur ke tanaman. Kompos yang baik memiliki kandungan air kurang dari 50%.


6.Melakukan Tes  sederhana
Kita bisa melakukan tes sederhana untuk melihat kompos sudah matang atau belum yaitu dengan kantong plastik. Ambil kompos dan masukan ke dalam kantong plastik ,kemudian tutup rapat kantong plastik. Simpan kompos tersebut di suhu ruangan selama 7 hari. Apabila bentuknya tidak rusak dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap maka kompos sudah siap dipakai.

Sudah dijelaskan 6 ciri-ciri utama kompos yang sudah matang dan baik untuk tanah & tanaman. Semoga bisa membantu para penggerak di pertanian sehingga kita bisa menanam dengan baik dan benar. Terimakasih.


Previous
Next Post »