Usaha Sampingan Agribisnis

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia dengan keunggulannnya sebagai negara pertanian terlengkap di dunia. Namun tidak dipungkiri masih banyak orang yang enggan membuka usaha di bidang pertanian hal ini karena beberapa faktor seperti ketidakpastian usaha, masih sering tergantung dengan alam, ketidakpastian harga, produk mudah mengalami kerusakan, dan berbagai masalah klise yang sebenarnya bukan menjadi penghambat yang besar kita untuk berwirausaha di bidang pertanian atau agribisnis. Pemerintah Indonesia saat ini terus mendorong masyarkat Indonesia untuk menjadi Enterpreneur karena hal ini bisa mengatasi masalah perekonomian di Indonesia salah satunya dengan terbukanya lapangan kerja baru.  Pemerintah dalam mendukung kesuksesan Enterpreneur di Indonesia membuat kebijakan-kebijakan yang mempermudah masyarakat untuk berwirasusaha seperti permudahan dalam perijinan, bantuan modal, asuransi dan perbankan. 

Bisnis di dunia agribisnis merupakan prospek masa depan yang cukup cerah karena tahun 2020 kita akan dihadapkan dengan krisis pangan, sebelum terjadi krisis pangan kita bisa memulai antisipasi dari sekarang dengan membuka usaha di bidang agribisnis yang tentunya akan membatntu ketahanan pangan di Indonesia. Bisnis di bidang agribisni pun tidak harus langsung mempunyai usaha yang besar, kita bisa memulainya dengan usaha-usaha kecil yang nanti bisa berkembang dan menjadi besar. Berikut adalah beberapa usaha di bidang agribisnis yang bisa anda jalankan.
Sumber Google
Usaha di bidang peternakan
Bidang peternakan merupakan sektor yang saat ini masih dalam kondisi kurang baik karena jumlah peternak di Indonesi masih terbilang sedikit namun jumlah pertmintaan akan komoditas peternakan banyak. Kita bisa melakukan usaha dengan beternak ayam, bebek, kambing, sapi atau kerbau. Untuk awal mula usaha tidak perlu terlalu besar, yang penting usaha tersebut bisa berjalan terlebih dahulu. Apabila sudah berjalan dengan baik kita bisa menambah kapasitas ternak kita . Kita ambil contoh ternak sapi, awal mulai usaha tak perlu membeli sapi yang banyak, kita bisa membelinya sepasang sapi lalu kita kawinkan kemudian beranak dan dari hasil peranakan tersebut kita bisa besarkan dan nanti nya dijual kemudian hasilnya ditambahkan untuk modal usaha. Untuk awal memang tidak terlalu menguntungkan tetapi beberapa periode selanjutnya akan terlihat keuntungannya. Selain itu kita bisa membantu pemerintah dalam program ketahanan pangan sehingga pemerintah bisa secara perlahan menghilangkan program import.


Sumber Google
Usaha di bidang Sayuran
Sayuran segar merupakan makanan yang sehat dan baik dikonsumsi oleh manusia, hal ini akan berdampak tingginya tingkat permintaan akan sayuran di Indonesia khususnya. Budidaya sayuran kita bisa memulainya dengan lahan yang ada di sekitar rumah kita terlebih dahulu. Awal usaha kita bisa mencari bibit yang bagus untuk ditanam di kebun kita, setelah menemukan bibit yang cocok maka kita lakukan proses penanaman, perawatan sampai dengan proses panen. Setelah panen maka sayuran itu bisa kita jual ke pasar, ke pedagang sayur atau bisa juga di tawarkan ke supermarket yang bisa kita ajak kerjasama.

Sumber google
Budidaya Perikanan
Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan program makan ikan karena di Indonesia marsyarkatnya masih terbilang rendah dalam mengkonsumsi ikan dibanding dengan negara-negara tetangga. Kita bisa memulai usaha agribisnis di budidaya perikanan dengan cara membuat kolam-kolam yang ukuran sedang di halaman rumah kita, kita bisa budidaya ikan lele, gurame, emas dan lain-lain. Kita mencari benih ikan yang baik untuk kita budidaya, setelah menemukan benih yang bagus maka selanjutnya kita bisa melakukan budidaya sampai dengan panen dengan metode-metode yang bisa kita pelajari dari pembudidaya ikan langsung atau bisa kita pelajari dari buku. Setelah panen kita bisa menjual ikan tersebut ke kerabat terdekat kita (untuk awal bisnis), ke warung-warung, restoran atau pasar.

Melalui usaha di Bidang agribisnis kita bisa menghasilkan pemasukan dan kita juga bisa membantu program pemerintah dalam hal ketahanan pangan. Kita bergerak bisa dimulai dari sekarang dan akan jauh lebih berkembang beberapa tahun ke depan karena di tahun mendatang produk-produk pertnian yang berkualitas akan sering dicari seperti produk-produk pertanian organik.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
20 August 2017 at 19:55 delete

mantap,,perlu di coba ni

Reply
avatar