Sarjana Pertanian ?


Sarjana pertanian, ya mereka yang telah mendapatkan gelar pendidikan kesarjanaannya terkadang lupa akan kewajibannya menyalurkan ilmu pertanian yang mereka dapat untuk petani. Banyak hal yang menjadi pertanyaan orang awam mengenai sarjana pertanian, beribu-ribu bahkan berjuta-juta dunia pendidikan telah mencetak sarjana pertanian , namun entah mereka setelah mendapat gelar hanya segelintir saja yang mau terjun dan terlibat langsung di dunia pertanian. 

Apakah ada doktrin sosial yang menyebabkan mereka enggan untuk berbau di dunai pertanian ? ataukah mereka mendapatkan gelar hanya semata untuk mengejar materi dengan gelar tersebut bukan dengan ilmu yang mereka dapat ? 
Seetelah kelulusan para mahasiswa pasti akan ada tuntutan untuk mereka dapat sebuah materi ekonomi, hal ini yang terkadang menjadi alasan mereka "terpaksa" bekerja walaupun bukan bidang yang mereka kuasa, karena sebuah tuntutan materi. Ilmu yang mereka dapat selama kuliahpun hilang seketika, dan mereka pun rela bersekolah lagi hanya demi sebuah pengangkatan pangkat kerja walaupun bukan seperti jurusan sebelumnya. 
Solusi yang bisa kita tawarkan adalah merubah pemikiran mereka tentang pertanian, hal yang terutama dalam kehidupa suatu bangsa adalah pertanian namun masih dari merek yang mengerti tentang pengetahuan pertanian namun belum berilmu tentang pertanian.

Dewasa ini pemerintah sedang gencar melakukan kebijakan tentang pertanian untuk kalangan muda, mulai dari duta petani muda, pengelolaan tentang pertanian melibatkan anak muda, menjadi anak muda sebagai garda depan pertanian, dan meregenerasi petani-petani yang sudah tidak berproduktif lagi. Hal ini sangat amat bagus dilakukan dari pemerintah, namun semua hal itu harus dilandasi oleh kesadaran hati masing-masing pihak, minimal dari kita sebagai sarjana pertanian harus punya tekad untuk tetap konsisten di dunia pertanian dengan bersama-sama membangun pertanian menjadi lebih baik lagi baik itu secara langsung maupun tidak langsung.
semangat sarjana pertanian muda demi membangun bangsa dan negara lebih baik lagi melalui pertanian.
terimakasih


MSG 3
Previous
Next Post »