Cara Membuat Pestisida Alami

Bawang putih
Agribisnismsg3.com- Bawang putih merupakan tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang putih selama ini digunakan sebagai bumbu masak hampir di setiap masakan di Indonesia, bawang putih penggunaanya biasanya dihancurkan dengan cara ditumbuk atau di iris-iris tipis dengan pisau. Bawang putih mempunyai khasiat antibiotik alami di dalam tubuh manusia, selain dikonsumi manusia bawang putih juga dapat digunakan sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama pada tanaman seperti ulat, belalang, trips, apids dan berbagai jenis hama lainnya. Bawang putih sangat efektif untuk mengusir atau mengendalikan hama pada tanaman terutama tanaman hortikultura. 

Pestisida kimia yang selama ini kita gunakan sudah terlalu berlebihan sehingga hama yang ingin kita kendalikan menjadi lebih kebal sehingga membutuhkan pestisida kimia lebih banyak lagi. Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan akan berakibat fatal untuk masa depan karena tanah akan sukar untuk menerima unsur hara yang ada. Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara membuat pestisida alami dari bawang putih.
  • Siapkan sekitar 20 siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Tumbuk 20 siung bawang putih sampai halus
  • Campurkan hasil tumbukan bawang putih dengan 5 liter air bersih
  • Setelah itu campurkan 2 sendok minyak tanah dan dua sendok sabun colek kemudia aduk secara merata
  • Setelah larutan tercampur maka saring hasil larutan dengan menggunkan kain dan simpan di dalam botol
  • Simpan di tempat teduh dan terhindar dari matahari
  • Aplikasinya cukup campurkan 3 sendok teh larutan dengan 1 liter air bersih, lalu semprotkan pada tanaman yang terekena hama.
Demikian informasi yang dapat kami bagikan, apabila ingin request tentang artikel bisa hubungi kami melaui email agribisnismsg3@gmail.com atau hubungi 087830003499

Terimakasih

Previous
Next Post »