Manfaat Eceng Gondok Untuk Ternak

Siapa yang tak mengenal eceng gondok, hampir semua masyarkat Indonesi mengetahui tentang eceng gondok namun jarang mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari eceng gondok tersebut. Eceng gondok merupakan salah satu tumbuhan air yang sering dianggap sebagai gulma oleh sebagian masyarakat karena keberadaannya yang berlebih akan mengganggu habitat yang ada di dalam air. Masalah yang sering terjadi akibat eceng gondok yang berlebih seperti menyumbat saluran irigasi, mempercepat hilangnya air, mencemari area penangkapan ikan dll. Eceng gondok merupakan salah satu tanaman yang memiliki perkembangbiakan cukup cepat sehingga jumlahnya akan mudah bertambah apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Eceng gondok, Sumber : Google
Mari kita kenali lebih jauh mengenai eceng gondok supaya kita paham akan dimanfaatkan sebagai apa eceng gondok ini. Hasil penelitian Laboratorium Gizi Dasar, Fakultas Peternakan Universitas Andalas didapatkan hasil bahwa tepung eceng gondok dalam bentuk bahan kering memiliki 26,61 % serat kasar, 6,311 % protein, 2,83 % lemak kasar, Ca dan P masing-masing 0,47 % dan 0,66 %, abu 16,12 % serta BETN 48,14 %.  Hasil uji lab menunjukan bahwa eceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai tambahan pakan ternak untuk domba, kambing, sapi, ayam dll. 

Aplikasi untuk di konsumsi oleh ternak eceng gondok dapat dioleh menjadi silase, difermentasi dan dibuat menjadi tepung sebagai campuran pakan konsentrat. Proses pembuatan eceng gondonk menjadi silase atau di fermentasi pada dasarnya mudah dapat diolah dengan cara menambahkan bakteri menguntungkan untuk mengaktifkan bakteri yang ada dalam eceng gondok sehingga dapat melakukan proses fermentasi. (Cara fermentasi eceng gondok sebagai pakan (KLIK DISINI). Untuk pembuatan tepung dari eceng gondok terbilang lebih rumit daripada pembuatan eceng gondok untuk silase atau difermentasi karena untuk pembuatan tepung eceng gondok membutuhkan sebuah alat untuk mengubah dari eceng gondok kering menjadi tepung. 

Kandungan aroma khas dari eceng gondok disukai oleh ternak karena itu eceng gondok dapat digunakan untuk peningkatan nafsu makan ternak. Menurut peneitian bobot ternak akan bertambah apabila diberikan pakan menggunakan tambahan eceng gondok, hal ini dikarena salah satu faktornya ternak memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga konsumsi paken akan terserap secara baik oleh ternak kita. 
Semoga bermanfaat
Salam organik

Terimakasih

MSG 3

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Mr G
AUTHOR
1 September 2017 at 01:16 delete

Bagus tipsnya..bisa menghemat pakan ternak kalo begitu..ada alternatif lain soalnya

Reply
avatar