Petani Berharap Tahun Ini Harga Tembakau Bagus

Sumber google

Agribisnismsg3.com-Musim-musim ini merupakan musim yang baik untuk menghasilkan tembakau yang berkualitas, dengan hasil tembakau yang berkualitas petani berharap akan meningkatkan pula nilai jual di pasaran.

Menurut salah satu petani tembakau Darto pada 29 Agustus 2017 mengungkapkan saat ini gedung tembakau belum buka sehingga petani belum bisa menjual hasil panennya. Petani harus menunggu beberapa hari lagi untuk dapat menjual hasil panennya. 


Proses penjualan yang biasa dilakukan oleh petani dimulai dari tahan pengeringan dan perajangan, setelah dirajang tembakau akan disimpan dan nantinya akan dijual ke gudang rokok di wilayah Temanggung. Saat ini harga yang diterima petani masih berkisar Rp 50 ribu/ kg, petani tembakau berharap apabila disetorkan ke gudang harga menjad Rp 70 ribu/kg hingga Rp 75 ribu/kg.

Petani merasa optimis karena hasil tembakau kali ini berkualitas bagus disebabkan faktor cuaca yang mendukung. Petani berharap harga kali ini bisa menutup kerugian dari panen sebelumnya yang menyebabkan harga turun.

Menurut petani tembakau di daerah Selo , Purnomo (33) mengatakan selain hasil panen bagus, musim kali ini petani tidak kesulitan dalam proses pengeringan karena di daerah selo matahari terik sepanjang hari. Pada musim kali ini petani di Selo cukup menjemurnya di depan halaman rumah tanpa perlu lagi ke daerah Cepogo atau bahkan Boyolali untuk menjemur tembakau. 

Tembakau, sumber : google
Musim kali ini juga jumlah petani tembakau menurun dikarenakan mereka merasa kapok untuk menanam tembakau karena kerugian yang dirasa pada musim tanam sebelumnya. Hal ini menjadi harapan petani supaya harga tembakau bisa naik karena minimnya jumlah petani. (msg)

12 comments: