Kementan Bangun Pertanian Modern di Serpong Tahun 2018

Cabai Lada
Agribisnismsg3.com- Balai Besa Pengembangan Mekanisasi Pertanian dari kementrian Pertanian (Kementan) berencana akan membangun kawasan pertanian modern di daerah serpong. Kawasan tersebut akan menjadi kawasan satu-satunya unit di Indonesia yang berproduksi menggunakan sistem modern di Indonesia. Konsep teknologi pertanian modern memiliki kemudahan aplikasi, ramah lingkungan dan mampu meningkatkan produksi dan efisiensi serta kesejahteraan petani Indonesia.

Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Andi Nur Alam Syah mengatakan, pembangunan kawasan pertanian modern merupakan implementasi arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk mewujudkan pembangunan pertanian modern yang bersifat precision farming. Dengan demikian, target swasembada pangan dapat dicapai dengan cepat, bahkan Indoneia bisa ekspor pangan.


“Mulai tahun 2018 di lahan 36 hektar, kami optimis pengerjaan pembangunan kawasan  pertanian modern selesai,” ujar Nur Alam melalui keterangan resmi, Rabu (29/11/2017). Dia menyebutkan kawasan pertanian modern tersebut akan memiliki fasilitas pusat produksi benih modern (modern seed centre), hingga alat mesin pertanian yang serba modern. Menurutnya, kemajuan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan sekaligus sebagai solusi kekurangan lahan pertanian dan tenaga kerja di masa akan datang serta meningkatkan kualitas pangan.

“Sistem sudah kami siapkan, semua alat pertanian akan modern, sehingga kegiatan pertanian dari hulu hingga hilir dilakukan dengan cepat dan hemat biaya. Pertanian tentu maju dan petani sejahtera,” paparnya.
Namun demikian, Nur Alam tak menjelaskan lebih lanjut terkait berapa besaran anggaran yang disiapkan dalam membangun kawasan pertanian modern di Serpong.


sumber : kompas
Previous
Next Post »