Lampung Sebagai Daerah Percepatan Tanam Padi


Padi
Jakarta-Provinsi Lampung mencanangkan percepatan gerakan tanam padi serentak musim Oktober 2017-Maret 2018. Hal tersebut dilakukan di Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampng Selatan.
Justan Riduan Siahaan selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian sekaligus Penanggung Jawab Upaya Khusus Provinsi Lampung menyampaikan bahwa tanam serentak yang diakukan saat ini diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk mengembangkan pertanian khususnya tanaman padi di lahan-lahan yang tersedia di tiap wilayah yang telah berkoordinasi dengan PPL di lapangan. Harapannya dengan adanya gerakan tersebut dapat membuat Lampung Selatan sebagai daerah yang mensukseskan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

Lahan di Kabupaten Lampung Selatan seluas 45.785 hektar yang berada di 17 Kecamatan, 26 Desa, sekitar 300 hektar lahan sawah terkena pembangan jalan tol dan 40 hektar akan dijadikan sebagai pabrik. 
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan Rini Ariasih mengatakan hampir seluruh lahan sawah di Kabupaten Lampung Selatan merupakan sawah tadah hujan. Untuk itu perlu bantuan alokasi khusus guna membangun jaringan irigasi dan embung.

Sumberi : bisnis.com

Previous
Next Post »