Cara Menyemai Benih Hidroponik


Agribisnismsg3.com-Ketika kita akan menanam menggunakan sistem hidroponik langkah awalnya adalah menyiapkan benih untuk disemai. Benih dapat disemai dengan menggunakan rockwoll, rockwoll merupakan media tanam yang paling sering digunakan untuk menanam dengan sistem hidroponik. Pada umumnya para pelaku tanaman hidroponik melakukan penyemaian benih tanaman ke dalam media rockwoll yang nantinya akan dipindahkan langsung ke netpot. Benih yang telah disemai dapat langsung dipindahkan tanpa harus membongkar akarnya terlebih dahulu. Berikut adalah tips ketika menyemai benih untuk hidroponik. 

1. Potong rockwoll
Langkah awal untuk melakukan penyemaian yaitu dengan memotong rockwoll menjadi bagian kecil dengan ukuran dadu sekitar 2 cm atau lebih. Pemotongan rockwoll menggunakan gergaji kecil supaya tidak merusak tekstur dari rockwoll tersebut. Letakan potongan rockwoll di tray semai apabila tidak ada traysemai bisa menggunakan wadah plastik. Setelah rockwoll dipotong dadu maka lubangi bagian tengah rockwoll dengan lidi untuk tempat benih. 


Potongan rockwoll
2. Masukan benih ke dalam rockwoll
Langkah selanjutnya basahi rockwoll menggunakan air biasa atau bisa juga dengan campuran Pupuk organik cair MSG 3, pemberian POC MSG 3 berfungsi untuk mempercepat proses perkecambahan dan menghindarkan benih dari hama dan penyakit. Masukan benih ke dalam masing-masing potongan rockwoll menggunakan pinset atau lidi, setiap lubang berisi satu benih. 




3. Siram rockwoll dengan air
Setelah benih dimasukan ke dalam rockwoll maka selanjutnya siram rockwoll dengan air campuran dengan POC MSG 3. Isi wadah penyemaian dengan air campuran POC MSG 3 sekitar 1-2cm untuk menjaga kelembaban dari rockwoll tersebut.

4. Apabila sudah tumbuh maka selanjutnya dapat dipindah
Apabila benih tanaman sudah tumbuh sekitar 3 hari maka selanjutnya potongan rockwoll yang berisi bibit dapat dipindahkan ke dalam netpot yang sudah disediakan. Selama penyemaian selalu cek kondisi tempat semai, usahakan supaya selalu lembab.



Cara mendapatkan POC MSG 3 untuk nutrisi tanaman hidroponik anda (Klik disini)

Previous
Next Post »