Membuat Pupuk Organik Skala Rumahan

Agribisnismsg3.com- Tahukah anda bahwa limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik berupa padat maupun cair. Limbah seperti sayuran, sisa makanan, dedauanan dan limbah rumah tangga lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tanaman apabila diolah lebih lanjut. Maka dari itu mulai dari sekarang kumpulkan limbah rumah tangga organik untuk dijadikan pupuk organik padat dan cair , apabila memang masih kurang maka kita dapat mengambil limbah tersebut dari sisa sayuran di pasar yang bisa kita dapatkan secara gratis. Selain kita akan mendapatkan pupuk organik, kita juga mengurangi jumlah limbah yang ada di sekitar kita. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat pupuk organik cair yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan :
1. Limbah sayuran, buah-buahan, sisa makanan, dedaunan 
2. Dedak atau serbuk gergaji 5kg
3. Arang sekam 5kg (jika ada)
4. Bakteri Aktivator (EM 3) sebanyak 10 ml
5. Gula pasir sebanyak 2 sendok makan

Limbah organik

Dedak

Arang sekam
Tong 200 L
Bakteri aktivator EM 3

Peralatan :
1. Pisau
2. Tong plastik ukuran 200 liter
3. Saringan 
4. Tali

Cara pembuatan :
1.Siapkan tong untuk pembuatan pupuk organik yang sudah diberi lubang untuk mengeluarkan cairan yang dapat digunakan sebagai pupuk organik cair. Alangkah lebih bagus dapat dipasangkan kran air di bagian bawah tong.
2.Potong kecil material organik yang akan dijadikan pupuk organik.
3.Setelah dipotong masukan ke dalam tong bersamaan dengan dedak dan arang sekam
4.Buat laruan aktivator dengan campuran 10 ml EM 3 dicampur dengan air 1 liter dan ditambhakan dengan 2 sendok makan gula pasir.
5.Setelah larutan aktivator jadi, campurkan seacara merata ke bahan baku di dalam tong.
6.Langkah terakhir, tutup rapat tong plastik jangan sampai ada udara masuk. Setiap dua hari sekali buka tutup tong untuk mengeluarkan gas di dalam tong tersebut karena apabila tertutup terlalu lama maka tong tersebut dapat pecah.
7. Diamkan selama sekitar 1-2 minggu, ciri-ciri pupuk yang sudah matang adalah tekstur berubah warna seperti tanah. 
8. Apabila sudah matang, keluarkan pupuk padat dari dalam tong dan dapat digunakan sebagai media tanam, kemudan cairannya dapat digunakan untuk pupuk orgnaik cair perawatan tanaman.

Cukup mudah bukan untuk membuat pupuk organik skala rumahan, manfaatkan limbah yang ada di sekitar rumah untuk kebutuhan tanaman anda. 

Untuk mendapatkan bakteri aktivator EM 3 dapat menghubungi 0822 9900 3499.


Previous
Next Post »