Buah Tin Besar dan Manis

Pohon tin


Saat ini tren pada perkebunan tin di Indonesia masih pada perbanyakan bibit. Kelak pemilik tanaman buah surga itu berlomba memproduksi buah untuk memenuhi permintaan pasar. Untuk mempersiapkan hal itu,Muhammad Khulub mulai menyeleksi jenis tanaman yang bagus untuk memproduksi buah berkualitas tinggi. Perkebunan Yogyakarta itu menyebutkan jenis longue d’aout dan dalmatie sebagai pilihan tanaman penghasil buah segar berkualitas premium.

“Kedua jenis itu mempunyai tingkat kemanisan yang tinggi, relatif tahan terhadap pergantian cuaca yang pada jenis lain menyebabkan cracking (buah percah-red) saat masa panen,”ujar Khulub. Menurut alumnus Universitas Islam Indonesia itu Longue d’aout cocok di iklim tropis, perawatan mudah karena dapat bertahan pada kondisi lingkungan yang cukup kering. Oleh karena itu ia tidak memerlukan banyak penyiraman.
Pohon tin

Bentuk buah longue d’aout agak memanjang dengan rata-rata bobot buah 60 gram. Waktu berbuahnya antara Juli-Oktober. Jika ditaman langsung di tanah, tinggi mecapai 3 meter. Buah tin dalmatie berwarna kuning saat matang, ukuran buah besar, berkulit tebal, daging buah padat, bobot rata-rata 150 gram, dan bercita rasa manis. Menurut Khulub jenis delmatie jarang rontok buah.
Jika intensitas hujan rendah pada saat buah belum matang menghasilkan buah semakin juicy tanpa kehilangan rasa manis. Ukuran batang dalmatie kecil, pertumbuhan lambat, dan jumlah percabangannya sedikit. Resistansi terhadap perubahan cuaca cukup tinggi dan semakin meningkat seiring bertambahnya umur tanaman.

Sumber : Trubus

Latest
Previous
Next Post »