Cara Menanam Mawar dengan Stek


Cara Menanam Mawar dengan Stek

Melihat banyaknya minat akan bunga mawar  ini, menanam bunga mawar ini disa di bilang gampang-gampang susah. Mawar bisa di budidayakan dari biji maupun dari stek batang. Menanam mawar dari stek jauh lebih mudah dibanding dengan biji. Bunga mawar akan cepat lebih tumbuh dari ketiak ruas-ruas batang, dibandingkan perkecambahan dari biji. Pasalnya menanam mawar dari biji membutuhkan waktu minimal 60 hari sampai biji maarnya berkecambah.

Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam mawar dengan stek batang 


Alat dan Bahan

1. Satu toples air
2. Pisau atau Gunting tanaman
3. Polybag
4. Media tanam (Tanah, pupuk kandang, kompos 1 : 1 : 1)
5. Hormon Auksin MSG 3 

Langkah-langkah penanaman

1. Potong batang pohon mawar sepanjang 15-20 cm menggunakan pisau atau gunting tanaman yang tajam.
2. Masukkan batang pohon mawar ke dalam air, fungsinya agar mawar tetap segar hingga proses penanaman.
3. Lubangi media tanam dalam polybag, usahakan kedalamannya kurang dari setengah tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
4. Sebelum ditancapkan ke dalam lubang, gunting daun-daun yang berada dibawah batang.
5.Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam. Anda bisa menambahkan Hormon Auksin MSG 3 penumbuh akar pada dasar batang mawar atau lubang tanah untuk mempercepat pertumbuhan akar.
6. Siram teratur menggunakan semprotan air sampai tunas daun baru tumbuh, jika sudah ada daun baru yang tumbuh maka berarti cara anda menanam stek batang mawar sudah benar dan tentunya batang tersebut sudah berakar di bawahnya.


Previous
Next Post »