Meningkatkan Produktivitas Padi dengan Hormon Giberelin

Sumber google

Agribisnismsg3.com- Hormon giberelin pada dasarnya diproduksi oleh tanaman namun dalam jumlah yang sedikit, kita dapat menemukan giberelin hampir di semua siklus hidup tanaman. Jumlahnya yang sedikit dan terbatas maka membuat tanaman tidak bisa memberikan hasil yang optimal, oleh karena itu kita dapat memberi tambahan hormon giberelin untuk memacu pertumbuhannya. 

Kegunaan giberelin antara lain : 
1. Merangsang pembungaan dan pembentukan buah
2. Memaca pertumbuhan malai pada tanaman padi
3. Memperepat pertumbuan tunas, batang dan daun
4. Merangsang produksi enzim (amilase) di germinating butir serelia untuk mobilisasi cadangan benih
5. Pemberian giberelin pada tanaman padi dapat menyebabkan padi tumbuh tinggi, daun akan memanjang dan ruas batang akan bertambah. 
Sumber google
Waktu pemberian :
Aplikasi pemberian giberelin dianjukan pada saat padi berumur di atas 40 hst. Aplikasi giberelin untuk tanaman padi dianjurkan dua kali, yaitu yang pertama umur 40-60 hst. Pemberian awal bertujuan bukan untuk menambah jumlah anakan, tapi agar anakan primer dan anakan sekunder dapat tumbuh lebih cepat sehingga ketika mulai keluar malai, anakan sekunder dan primer tidak tertinggal terlalu jauh dari keluarnya malai bibit sehingga masa pemasakannya pun bersamaan.

Aplikasi kedua dilakaukan ketika padi sudah mengeluarkan malai sekitar 4-5%, aplikasi kedua bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bulir-bulir padi, sehingga satu malai dapat menghasilkan bulir padi lebih banyak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, pemberian hormon giberelin pada tanaman padi dapat mengingkatkan hasil produksi sekitar 10%.

Dosis
Dosisi aplikasi hormon giberelin biasanya berbeda-beda tergantung produk yang digunakan. Kondisi lingkungan juga berpengaruh terhadap pemberian hormon ke tanaman padi. Tanaman padi yang tumbuh di lingkungan persawahan yang tanahnya subur butuh Giberelin lebih sedikit dibandingkan persawahan yang miskin hara.
Sebagai referensi penggunaan hormon auksin produk MSG 3 untukt tanaman padi yaitu 20 ml dicampur dengan 20 liter air. Sebaiknya pemberian hormon giberelin pada tanaman padi dilakukan setelah pemberian pupuk (tersedia hara untuk tanaman) dan tidak sedang mengalam kekeringan.

Hormon Giberelin
Atau Hubungi 0822 9900 3499
Previous
Next Post »