CARA BERTENAK KELINCI


CARA BERTENAK KELINCI



Usaha pertenakan kelinci memimilih usaha ini karena perawatan yang mudah dan pakan yang dimakan tidak terlalu sulit untuk didapatkan yaitu rumput dan ditambah dengan katul jika anda ingin melakukan penggemukan.
Jenih bibit kelinci yang anda bisa gunakan untuk membangun usaha pertenakan kelinci :
1.      Jenih Ram : Kelinci ini khusus untuk pertenak dan pembibitan. Jenis kelinci ini bisa anda peroleh dari pertenakan khusus pembibitan
2.      Jenis Bligon : Khusus bagi anda yang ingin melakukan usaha pertenakan kelinci pedaging, bisa menggunakan jenis ini
Untuk kelinci pedaging, agar pertumbuhan cepat maka anda berikan pakan berupa katul dan ampas gandum. Bagi pertenak besar atau usaha pertenakan kelinci besar, biasanya mereka mencampurkan katul dan ampas tahu yang diperas. Biaya pakan menggunakan katul biasanya menghabiskan dana 16.000/kg untuk 15 indukan, setiap minggunya 15 indukan tersebut membutuhkan 10kg/minggu.

Penyakit pada kelinci

Usaha petenakan kelinci tidak luput dari serangan penyakit, untuk itu hal yang paling penying untuk anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan kandang agar penyakit tidak datang menyerang. Penyakit yang sering menyerang kelinci yaitu penyakit gudik atau korengan kelinci sangat rentan terhadap penyakit yang satu ini jika kelinci anda terkena penyakit ini maka anda bisa menyuntikan dengan wermaisin. Wermaisin dapat membuat gudik atau koreng menjadi kering. Selain kebersihan kandang anda juga harus memperhatikan kesehatan ternak anda apabila kondisi kotoran kelinci yang dikeluarkan selalu cair maka anda harus segera tangani.

Pemasaran ternak kelinci

Sebelum melakukan pertenakan langsung, sebaiknya lebih dulu anda menjalin hubungan atau kerjasama dengan pertenak-pertenak besar, karena pertenak besar kadang kesulitan memenuhi pasar kelinci. Sehingga para pertenak tersebut akan kepertenak-peternak kecil untuk di beli kelincinya agar dapat memenuhi permintaan pasar dan anda tidak perlu repot untuk menjual hasil panen usaha pertenakan kelinci anda. 


Cara meneretralisir bau kandang kelinci 
Proses sterilisasi kandang ternak, serta mengusir lalat menggunakan cairan aktivor MSG 3 :

1.      Masukan cairan aktivator MSG 3 ke dalam alat penyemprot
2.      Semprot tempat yang akan disterilkan menggunakan cairan aktivator MSG 3
3.      Diamkan selama 2 – 3 jam tunggu sampai kering
4.      Semprot kembali menggunakan cairan aktivator MSG 3, ulangi langkah kedua sampai keempat sebanyak tiga kali
5.      Proses penyemprotan dilakukan pada saat matahari terik (pagi atau siang hari)


Previous
Next Post »