POTENSI USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR



POTENSI USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR








Usaha budidaya ikan air tawar semakin hari semakin menggiurkan. menurut laporan Badan Pangan (PBB) pada tahun 2021 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6kg per tahun meski saat ini konsumsi ikan lebih banyak dipasok oleh ikan laut, namun pada tahun 2018 produksi ikan tawar akan menyalip produksi perikanan tangkap, mengapa demikian karena produksi perikanan tangkap akan mengalami penurunan akibat overfisihing.
Ikan di laut semakin sulit didapatkan, bahkan bila tidak ada perubahan model produksi para peneliti meramalkan pada tahun 2048 tak ada lagi ikan untuk ditangkap.

Dengan kata lain tidak akan ada lagi menu seafood di piring kita!
Oleh karena itu diperlukan peningkatan produksi budidaya ikan air tawar sebagai subsitusi ikan laut, sehingga kita bisa memberikan ruang kepada biota laut untuk berkembang biak.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar potensial untuk produk perikan, apalagi fakta saat ini menunjukan konsumsi ikan perkapita Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan konsumsi penduduk negara berkembang lainnya.

Previous
Next Post »