Cara Mempercepat Perkecambahan Biji atau Benih



Tanaman atau tumbuhan memiliki banyak manfaat, namun ada juga yang merugikan. contohnya seperti hama dan penyakit. Berbagai macam hama dan penyakit pada tanaman ini sangat merugikan dan berdampak buruk bagi pertumbuhan tanaman.

Dampak buruk yang sering terjadi akibat banyaknya hama dan penyakit ini sangat terasa oleh para petani sawah maupun perkebunan. Hama dan penyakit dapat merugikan tanaman sehingga tanaman tidak tumbuh normal. Contohnya tanaman tumbuh kerdil, susah berbunga, susah berbuah, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara mengatasi masalah pada tumbuhan ini yaitu dengan memberikan zat pengatur tumbuh. Zat pengatur tumbuh ini merupakan hormon tumbuhan yang berfungsi merangsang pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik dan dapat memperbaiki sifat genetik dari tumbuhan.

Beberapa zat pengatur tumbuh yaitu ada auksin, giberelin, dan sitokinin. Masing-masing zat pengatur ini memiliki fungsi yang berbeda namun saling berkesinambungan sehingga dapat memperbaiki proses pertumbuhan tanaman. Salah satu zat pengatur tumbuh yang akan saya bahas adalah hormon giberelin atau asam giberelat.

Giberelin atau asam giberelat (GA3) merupakan hormon tumbuhan yang berperan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Hormon giberelin terdapat pada beberapa bagian tanaman seperti pada biji, akar, daun, dan bunga.

Hormon giberelin ini memiliki beberapa fungsi yaitu:
1. Membantu pembentukan biji
2. Merangsang pembungaan dan pembentukan buah
3. Membentuk buah tanpa biji
4. Merangsang serbuk sari
5. Membantu mempercepat perkecambahan dan pembelahan biji
6. Membuat tananaman, buah, dan daun lebih besar
7. Memperbaiki sifat genetik
8. mempercepat pertumbuhan tunas, batang, dan daun

Salah satu manfaat hormon giberelin yaitu mempercepat perkecambahan dan pembelahan sel. Caranya dengan merendam biji/benih tanaman dengan larutan giberelin dalam kurun waktu yang ditentukan.

Setelah itu baru biji/benih ditanam pada media tanam. Biji/benih yang direndam ini umumnya biji/benih yang mengalami perkecambahan lama dan dalam masa dormansi yang panjang.

Saat biji/benih direndam, maka giberelin akan diserap secara optimal dengan perlakuan yang sesuai dengan kriteria masing-masing tanaman. Penyerapan giberelin ini akan memaksimalkan kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh biji/benih tanaman.

Setelah perkecambahan berjalan dengan lancar dan cepat, maka pertumbuhan tanaman pun akan menjadi cepat. Panjang batang, luas daun, panjang akar, dan tumbuh tunas menjadi lebih baik dari biji/benih yang tidak diberi giberelin.


Previous
Next Post »