MANFAAT SUPER ABSORBENT POLYMER (SAP) DALAM DUNIA PERTANIAN

Super Absorbent Polymer (SAP) adalah polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan hingga lebih dari 100 kali lipat dari berat SAP itu sendiri. Cairan yang dapat diserap oleh SAP ini tidak mudah dilepaskan meskipun mendapatkan tekanan. 



Super Absorbent Polymer ini merupakan salah satu inovasi yang dapat diterapkan dalam dunia pertanian. SAP dalam dunia pertanian berguna sebagai soil conditioner (bahan pembenah tanah) atau memperbaiki sifat fisik tanah.

Berikut beberapa manfaat SAP dalam dunia pertanian.
1. Menghemat penggunaan air
SAP dapat menghemat penggunaan air, karena ketika air yang terserap oleh SAP akan dikeluarkan saat hanya dibutuhkan dalam kondisi tertentu atau jika tanah mulai kering dan ketika dibutuhkan oleh tanaman. SAP ini dapat menghemat penggunaan air hingga 50-70%. 

2. Meningkatkan struktur tanah
SAP yang sudah diberikan dalam tanah menjaga kelembaban tanah dan memperbaiki lingkungan tanah dengan membentuk butiran dan struktur berpori di sekitar zona akar. Sehingga tanah tidak mudah luruh atau terbawa air yang dapat mengakibatkan erosi.

3. Meningkatkan hasil tanaman
Meningkatkan hasil tanaman dan proses perkecambahan dengan menjaga nutrisi dalam tanah, karena SAP yang diberikan dapat mengikat atau mempertahankan unsur hara lebih lama. Kebutuhan nutrisi dan unsur hara yang terjaga ini dapat meningkatkan hasil tanaman yang lebih maksimal.

4. Menghemat penggunaan pupuk
SAP bekerja seperti tangki penampung yang menyerap pupuk dengan sangat baik. Pupuk akan dilepaskan pada saat tanaman membutuhkan asupan nutrisi. Sehingga tidak mudah hilang terbawa air yang hanyut begitu saja, berbeda jika media tanam tidak diberikan SAP.

5. Aman dan ramah lingkungan
SAP merupakan bahan polymer yang aman untuk lingkungan karena dapat terdegradasi secara baik menjadi nitrogen amonia, air, dan kalium. SAP ini juga tidak beracun. 

Demikian beberapa manfaat SAP yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang hendak mencoba bercocok tanam dengan cara baru. Penggunaan SAP ini juga dapat meminimalisir biaya produksi namun memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Jika teman-teman ingin mendapatkan produk SAP, dapat menghubungi kami di kontak berikut:
Klik disini untuk pemesanan https://bit.ly/2kK0MWk

Telp / Sms / What'sApp
0822 9900 3499 (WA)
0887 0666 9468 (WA)
(0283) 4511393 (Telp Kantor)
Facebook : Maulana Says Green 3
Youtube : Maulana Says Green 3
Instagram : agribisnis_msg3
Twitter : @agribisnis_msg3
Email : agribisnismsg3@gmail.com

Previous
Next Post »