Super Absorbent Polymer untuk Tanaman

Super Absorbent Polymer (SAP) adalah polimer hidrophilik yang mempunyai kemampuan dalam menyerap cairan hingga lebih dari 100 kali dari berat SAP itu sendiri, cairan yang terserap tidak mudah dilepaskan meskipun diberi tekanan. 

Super Absorbent Polymer ini biasa digunakan pada popok sekali pakai bahkan pembalut. Namun di dunia pertanian SAP ini digunakan sebagai soil conditioner (bahan pembenah tanah) yang dapat memperbaiki kondisi fisik tanah, menyimpan air, dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Karena SAP mengikat dan mempertahankan air dalam jumlah yang besar, sehingga SAP bisa juga digunakan pada perkebunan dan pertanian. Penggunaan SAP pada pertanian adalah sebagai media tanam. Mencampurkan SAP dengan tanah menghasilkan campuran media yang akhirnya bisa mempertahankan air lebih lama dan menjadikan produktivitas lebih tinggi serta lebih efisien.

SAP bisa juga digunakan untuk menanam sayuran dan tanaman buah. Fungsi SAP dalam penanaman sayur dan buah adalah sebagai penyedia suplai air secara kontinyu pada pot atau media polybag. Kemampuan SAP yang dapat menyerap cairan hingga 100 kali dari berat SAP itu sendiri membuat penyerapan dalam tanah menjadi sempurna dan menyimpan cadangan air lebih lama. 

Sehingga jika suatu tanaman membutuhkan air atau nutrisi SAP ini dapat mengeluarkannya secara perlahan-lahan sesuai dengan kebutuhan dari tanaman (lingkungan) itu sendiri. Jika tanaman (lingkungan) tersebut cukup kering, maka SAP akan melepaskan cadangan air dan nutrisinya cukup cepat.

Pengeluaran cadangan air dan nutrisi dari SAP ini akan membuatnya menyusut, namun jika diberikan nutrisi dan air lagi maka bentuknya pun akan mengembang kembali. Siklus ini akan terus berulang hingga SAP mengalami kejenuhan dan rusak karena kondisi dan pengaruh lingkungannya.

Berapa banyak SAP yang dibutuhkan untuk kebutuhan ini? Maksimal adalah 20% dari keseluruhan media tanam. Jumlah 20% ini adalah jumlah SAP yang sudah mengembang. Jika anda memiliki tanaman buah atau sayur di dalam pot, polybag  silahkan diperkirakan sendiri berapa kebutuhan Sap untuk tanaman anda tersebut.

Cara menggunakan
1. SAP menyerap air / pupuk cair 30-75 kali dari berat pada kondisi kering.
2. Setelah gel menyerap air dan membengkak cukup, silakan campurkan itu merata pada media tanam 5 cm dari bagian atas, agar tidak mudah menguap terkena panas matahari.


Lihat Video Penjelasan Super Absorbent Polymer









Previous
Next Post »