Cara Mensterilkan Kolam Ikan dengan Mudah, Cepat, dan Hemat Biaya

Kolam ikan merupakan hal yang sangat wajib dipunyai oleh pembudidaya ikan berskala besar maupun untuk ikan hias di rumah. Oleh karena itu kolam ikan yang akan digunakan harus disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Tujuan dari sterilisasi kolam ikan ini yaitu untuk menghilangkan zat-zat kimia yang terkandung pada bahan pembuat kolam dan untuk membuat kondisi kolam ikan layaknya habitat alami ikan. Apabila kolam ikan tidak disterilkan terlebih dahulu dan langsung memasukkan ikan ke dalam kolam, makan ikan akan cepat mati karena keracunan.

Ada beberapa cara untuk mensterilkan kolam ikan dengan mudah dan cepat, ini untuk lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya yang digunakan. Berikut beberapa cara yang dapat dipraktekkan untuk mensterilkan kolam ikan.

1. Menjadikan kolam ikan sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga
Menggunakan kolam ikan sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga ini akan menumbuhkan mikroba. Dengan bantuan mikroba ini dapat menghilangkan kandungan zat-zat beracun yang terdapat pada kolam ikan.

Caranya masukan sampah rumah tangga ke dalam kolam ikan, kemudian tunggu selama 5 – 7 hari. Biarkan terjadi pembusukan pada sampahnya untuk memicu pertumbuhan plankton yang akan memproses bahan-bahan beracun yang ada pada kolam. Setelah dirasa cukup, bersihkan sampah rumah tangga tadi dan kuras kolam dengan air.

2. Mensterilkan kolam ikan dengan menggunakan pupuk nonorganik
Pemberian puuk nonorganik ini tujuannya sama dengan cara yang pertama, yaitu untuk menumbuhkan plankton sebagai pembersih kolam. Caranya yaitu taburkan pupuk nonorganik seperti NPK, pupuk urea, dan pupuk TSP ke dalam kolam secukupnya. 
Diamkan pupuk tersebut selama beberapa hari hingga tumbuh lumut. Setelah tumbuh lumut makan bersihkan dengan menguras kolam menggunakan air sebanyak 2 - 3 kali. Kolam ikan siap digunakan.

3. Memberikan minyak tanah pada kolam ikan
Pada kolam ikan menggunakan beton (kolam beton) yang baru dibuat diisi air terlebih dahulu, kemudian diamkan sehari semalam. Lalu buang air dari kolam tersebut. Setelah itu oleskan minyak tanah ke seluruh permukaan kolam menggunakan kuas. Biarkan selama 5 – 8 jam.

Kemudian bersihkan minyak tanah yang sudah dioleskan tadi dengan mencucinya sampai tidak meninggalkan bekas. Setelah kolam kering, isi dengan air kemudian diamkan selama sehari semalam, buang air tersebut kemudian ganti dengan air yang baru. Jika masih ada lapisan minyak, maka kolam harus dibersihkan lagi menggunakan getah pelepah pisang.

4. Mensterilkan kolam ikan dengan larutan RANICA MSG 3
Caranya yaitu, isi kolam ikan dengan air bersih sampai penuh. Kemudian siapkan 500 ml RANICA MSG 3 ditambahkan dengan 50 liter air bersih (untuk kolam berukuran 3x4x1). Kemudian aduk larutan RANICA tadi sampai merata. Setelah larutan tercampur rata, tebarkan larutan ke seluruh bagian kolam. Tunggu hingga 1 minggu.

Setelah 1 minggu apabila terdapat buih-buih putih pada air kolam ikan maka itu pertanda jika bakteri baik hidup dalam kolam ikan. Kemudian ganti air kolam ikan dengan air yang baru. Kolam ikan siap digunakan.


Itulah beberapa cara mensterilkan kolam ikan yang dapat dilakukan untuk para pembudidaya ikan dengan cara yang mudah, cepat dan hemat biaya. Semoga dapat membantu para pembaca.



Info pemesanan atau ingin konsultasi silahkan bisa langsung hubungi kami :
Klik disini untuk pemesanan https://bit.ly/2kK0MWk
Telp / Sms / What'sApp
0822 9900 3499 (WA)
0887 0666 9468 (WA)
(0283) 4511393 (Telp Kantor)
Facebook : Maulana Says Green 3
Youtube : Maulana Says Green 3
Instagram : agribisnis_msg3
Twitter : @agribisnis_msg3
Email : agribisnismsg3@gmail.com
Website : www.agribisnismsg3.com


Previous
Next Post »