Budidaya Lalat Tentara Hitam (Maggot) dapat Menjadi Upaya Mengurai Sampah Organik

Maggot merupakan larva dari lalat tentara hitam atau biasa disebut black soldier fly (BSF) dengan nama latin Hermetia illucens. BSF adalah lalat yang tidak bersifat patogen karena tidak membawa agen penyakit. 


Maggot ini merupakan salah satu solusi dalam penanganan sampah organik yang semakin banyak. 1 kg maggot dapat menguraikan sampah organik sebanyak 1 kg, padahal 1 kg maggot jumlahnya tidak terlalu banyak. Sampah organik yang diuraipun tidak menimbulkan bau busuk.

Seperti yang kita tahu, jumlah sampah di Indonesia menduduki urutan ke 2 se-dunia. Itu artinya negara kita menyumbangkan begitu banyak sampah organik maupun anorganik, mungkin jika ditumpuk dalam satu tempat bisa menjadi gunungan sampah. Waah tidak terbayang bagaimana bau busuk yang akan tercium.

Untuk itulah saya, kamu, kita semua harus mulai sadar diri untuk memilah sampah organik dan anorganik agar dapat diolah secara benar sehingga tidak menimbulkan penumpukan sampah. 

Salah satu cara untuk mengurangi sampah organik yaitu dengan membuatnya menjadi pupuk organik. Namun seperti yang kita tahu bahwa penguraian sampah organik membutuhkan waktu yang cukup lama hingga menjadi pupuk.

Beberapa upaya mulai dilakukan oleh masyarakat kita, yaitu salah satunya dengan budidaya maggot yang dapat mengurai sampah organik dengan waktu lebih cepat dan dalam jumlah yang besar.

Maggot yang sudah mengurai sampah organik ini pun bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan, karena kandungan proteinnya tinggi. Selain itu sampah organik yang sudah terurai digunakan sebagai pupuk organik.

Selain itu maggot juga aman bagi lingkungan, karena maggot yang sudah dewasa akan menjadi lalat. Lalat ini terdiri dari jantan dan betina, ketika lalat sudah dewasa maka akan terjadi perkawinan. Umur lalat jantan sangat pendek, setelah kawin lalat jantan mati, sedangkan lalat betina akan mati ketika sudah menetaskan telur. Begitu seterusnya.

Bagaimana sobat green? Sangat menarik yaa budidaya maggot ini. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk sobat green yang ingin mencoba budidaya maggot. 

Latest
Previous
Next Post »